Kartu Memori Hape tidak Terdeteksi

Ada banyak penyebab kartu memori di hape tidak bisa terdeteksi. Paling sering karena kartu memori tersebut kotor. Biasanya kartu tersebut tidak rusak, dan bisa terbaca di card reader. Namun saat dimasukan di slot memori pada hape, sistem tidak bisa menemukan kartu memori tersebut.

Tapi pada kasus yang serius kartu memori tersebut memang rusak. Dan memang tidak terdeteksi di card reader sekalipun. Kerusakan tersebut bisa saja terjadi, dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena terkena magnet, atau bisa juga karena kerusakan di dalam kartu memori tersebut.

Bersihkan kartu memori dan slot memori di hape.

Adanya kotoran atau debu pada pin di kartu memori bisa menyebabkan hilangnya kontak antara kartu memori dan slot memori. Maka dengan membersihkan pin pada kartu memori, maupun pin pada slot memori, akan memperbaiki kontak antara pin di keduanya. Kuas atau sikat yang bersih bisa digunakan untuk membersihkan pin di keduanya.

Kadang ada bekas karat yang menempel di gold pin pada kartu memori, dan sikatpun kadang tidak bisa menghilangkannya. Maka perlu sikat yang lebih keras ujungnya. Namun jangan sampai menghilangkan “gold plated” pada pin tersebut. Karena bisa membuat kerusakan secara permanen.

Scanning kartu memori dengan antivirus.

Kartu memori tidak terdeteksi di hape bisa juga karena virus. Maka scanning diperlukan untuk menghilangkan virus tersebut. Dan jangan lupa untuk memasang antivirus di hape tersebut. Karena pada kartu memori yang terkena virus cenderung akan berulang kejadiannya, maka pemasangan antivirus diperlukan.

Namun jangan lupa untuk secara rutin mengupdatenya. Karena jika tidak diupdate, antivirusnya tidak bisa memproteksi dari virus yang baru dan tidak dikenal. Paling tidak seminggu sekali sudah cukup untuk melindungi hape dari virus.

Reformat kartu memori.

Pada kasus kartu memori yang sering dipindah dari satu hape ke hape yang lain, akan mengalami kerusakan sistem pada kartu memori tersebut. Akibatnya kartu memori menjadi tidak terdeteksi. Maka kartu memori tersebut harus dilepas dari slot hape, dan direformat di card reader.

Jika sudah diformat di card reader, kartu memori dikembalkan ke slot memori di hape, dan diformat lagi mengikuti sistem di hape. Biasanya kartu memori bisa terdeteksi dan bisa dipakai kembali. Namun pada kasus tertentu, bila sudah mengalami kerusakan teknis, reformating tidak akan membantu.

Satu hape satu kartu memori.

Sering penyebab kartu memori rusak karena sering dipindah dari satu hape ke hape lainnya. Biasanya kartu memori akan mengalami kerusakan pada sistem atau softwarenya. Baru kemudian mengalami kerusakan secara teknis.

Maka penggunaan satu kartu memori untuk satu hape sangat dianjurkan. Karena akan menjaga keawetan kartu memori tersebut. Dan jauhkan kartu memori tersebut dari magnet.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->