Memperbaiki Hape yang nggak Ada Suaranya

Persoalan hape yang tidak keluar suaranya sering terjadi. Dan penyebabnya bisa bermacam-macam, mungkin karena speakernya rusak. Atau bisa juga karena speakernya kotor. Namun bisa juga karena kerusakan di software hape tersebut.

Maka dalam memperbaiki hape yang nggak keluar suaranya perlu langkah sistematis. Mulailah dari settingan hape dulu, atau dari softwarenya dulu, baru kemudian melangkah ke hardwarenya. Langkah ini akan menghemat biaya, karena bisa jadi hanya kesalahan kecil, tapi karena tidak tahu, akhirnya harus membayar tukang servis hape.

Memang diperlukan sedikit pengetahuan tentang elektronika dalam memperbaiki hape yang bermasalah. Namun anda tidak harus kursus teknisi hape, bila hanya untuk hal yang mudah sekitar kerusakan kecil pada hape. Asal mau belajar semua bisa diatasi.

Periksa volume speaker hape.

Seringkali terjadi pada hape yang tidak keluar suaranya, ternyata karena volumenya dalam posisi nol. Jelas suaranya tidak terdengar atau berbunyi. Biasanya karena salah pencet, sehingga menekan volume speaker menjadi nol.

Untuk memperbaikinya, cari volume speaker di setinggan hape, dan buat volume menjadi maksimal. Ada pula dengan cara yang lebih cepat, yaitu langsung menelepon freeline, seperti operator, lalu tekan tombol navigator ke atas atau ke arah kanan. Ini tergantung pada jenis atau tipe hape. Karena setiap tipe hape memiliki setingan sendiri-sendiri.

Bila volume sudah maksimal tapi masih tidak terdengar suaranya, maka coba gunakan loudspeaker saat menelepon. Pada beberapa hape memiliki dua jalur, satu untuk speaker biasa, dan satunya untuk speaker besar atau loudspeaker. Kadang hanya satu jalur yang rusak, sedang jalur yang lain masih bisa dipakai.

Pada kasus satu jalur masih bisa dipakai lebih baik pakai terus sampai keduanya rusak, baru dibawa ke tukang servis. Ini untuk memaksimalkan komponen yang setengah rusak tadi. Namun bila anda ada anggaran, bisa langsung diserviskan saja.

Memeriksa speaker hape.

Biasanya speaker hape terletak di bagian atas, dan tertutup casing hape. Maka casing hape harus dilepas dulu, untuk mendapatkan akses ke speaker tersebut. Namun pada tipe hape tertentu harus membuka mur atau skrew pelindung hape, sehingga harus menggunakan obeng untuk membukanya.

Obeng hape akan berbeda dengan obeng biasa, dan tiap jenis hape memiliki jenis mur atau skrew yang berbeda. Bila anda tidak memiliki obeng, maka lebih baik bawa ke tukang servis. Tapi bila anda punya akses ke speaker hape, coba bersihkan dulu speaker hape tersebut. Kadang karena debu speaker hape tidak berfungsi.

Namun bila setelah speaker dibersihkan masih tetap tidak keluar suaranya, maka speaker hape harus diganti. Speaker hape cukup murah harganya, dan tersedia di toko spare part hape. Anda tinggal bawa speaker yang rusak sebagai contoh, untuk mendapatkan speaker hape yang baru.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->