Cara Menghemat Baterai pada Gadget Android

Sistem operasi android memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan baterai. Ini menjadi sangat penting menginggat tidak semua ponsel atau tablet android memiliki kualitas baterai yang bagus. Beberapa gadget begitu sangat boros, biasanya sih karena layarnya yang gede, ini adalah sumber utama habisnya baterai.

Memang tidak ada cara mengecilkan ukuran layar gadget, namun jangan khawatir ada banyak cara yang bisa dilakukan di menu OS android yang bisa digunakan untuk menghemat baterai. Ini berlaku umum pada semua gadget android, hanya mungkin berbeda sedikit di beberapa versi. Namun tetap memiliki kesamaan dalam setingan dasar OS android.

Hemat baterai dengan mengatur setingan brightness

Cara ini cukup mudah, dengan menekan icon menu >> setting >>sound and display, kemudian pilih brightness. Disitu akan ada dua pilihan dengan lebih ke kanan, akan lebih bright sehingga lebih memakan energi baterai, yang tentunya lebih boros. Namun pilih yang ke kiri, sehingga lebih rendah bright-nya. Tentunya akan lebih memerlukan sedikit baterai. Atur brightness sesuai dengan kebutuhan, tentunya dengan yang lebih hemat baterai.

Hemat baterai dengan merubah fitur screen timeout

Fitur ini akan mengatur berapa lama cahaya pada background layar gadget akan menyala. Tentunya bila semakin lama menyala akan semakin boros baterai, apalagi bila semakin gede layarnya. Maka kurangi waktu dari background cahaya ini untuk menghemat pemakaian baterai.

Caranya dengan menekan icon menu >>setting >> sound and display, kemudian pilih screen timeout. Ada pilihan antara 15 detik hingga 30 menit, tentunya bila ingin hemat baterai pilih yang seminimal mungkin. Namun atur sesuai dengan kebutuhan, dari aplikasi yang sering dibuka.

Hemat baterai dengan mematikan fitur koneksifitas

Fitur koneksifitas ini memang tergantung dari jenis gadget yang melandasinya, meskipun hampir semua gadget memiliki fitur koneksi yang hampir sama. Bisa dari WIFI, Bluetooth, GPS, sync yang bisa dimatikan untuk sementara bila tidak dibutuhkan. Memang akan banyak menghemat penggunaan baterai, karena fitur ini berjalan di hardware yang banyak menyita energi baterai.

Hemat baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak terpakai

Memang aplikasi yang tidak terpakai di menu android sering tidak terdeteksi, tapi sudah menumpuk di menu utama. Hal ini karena aplikasi yang sudah dipakai sering tidak ditutup dengan langsung masuk ke menu untuk membuka aplikasi lainnya. Cara ini boleh dibilang akan menghemat baterai lebih besar, karena setiap aplikasi memakan prosessor dan RAM yang juga memakan energi dari baterai.

Hemat baterai dengan mematikan wallpaper yang hidup

Ada banyak wallpaper dari jenis GIF maupun PNG yang bisa hidup atau bergerak. Wallpaper jenis ini sangat memakan prosessor dan RAM yang tentunya juga memakan energi, sekaligus membuat layar bergerak dan hidup. Maka mematikan fitur wallpaper jenis ini akan menghemat baterai cukup banyak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->