Cara Unlock Ponsel-Tablet Android yang Terkunci

Memang bagi yang belum familiar dalam menggunakan ponsel atau tablet android mungkin akan mengalami gadgetnya terkunci. Biasanya sih bisa karena lupa pola kuncinya, atau diacak-acak sama anak kecil sehingga tidak ada jalan untuk membuka ponsel atau tablet android tersebut. Mode terkunci ini biasanya setelah lima kali salah dalam membuka android sehingga otomatis terkunci.

Bisa jadi bingung tak karuan bagaimana cara membuka tablet atau ponsel yang terkunci, soalnya di manual juga tidak ada caranya. Meskipun sebenarnya gadget android sangat mudah dalam menggunakannya. Navigasi layar sentuhnya memang brilian, dan sangat aman dalam menghadang tangan usil yang akan mengakses gadget tersebut.

Buka kunci dengan akun google

Bila gadgetnya sudah diseting dengan akun google, seperti gmail maka dengan mudah tablet atau ponsel yang terkunci di-unlock dengan memasukan akun dan passwordnya. Caranya dengan menekan opsi “forgot pattern”, kemudian masukan user name dan password pada kolom yang muncul. Biasanya cara ini sangat mudah dan cepat teratasi.

Namun bisa jadi cara ini tidak berjalan, kala memang akunnya belum diset, atau bisa jadi diset saat membeli ponsel atau gadget di toko. Namun sang penjual tidak memberi tahu, maka solusinya bisa dicoba dengan mengosongkan kedua kolom. Bila tidak teratasi bisa jadi memang sudah diset tanpa sepengetahuan pembeli gadget tersebut, maka bisa menggunakan cara berikutnya.

Membuka ponsel atau tablet android yang terkunci lewat phone call

Cara ini memang hanya berlaku bila ponsel atau tablet memiliki fitur GSM atau CDMA pada speknya. Cukup dengan menelepon ponsel atau tablet tersebut, tapi jangan diangkat panggilannya, tekan ikon home lalu pergi ke setting dan segera rubah pola kuncinya. Cara ini memang yang termudah dan bisa unlock ponsel atau tablet android dengan cepat.

Namun keadaan menjadi berubah bila tablet tersebut tanpa fitur GSM maupun CDMA. Bisa jadi tablet akan terkunci selamanya, namun jangan kuatir akan ada cara terakhir. Namun lepas dulu kartu memory eksternal yang menempel, karena bisa jadi akan menghapus seluruh data di dalamnya. Meskipun ada yang tidak mengalami hal tersebut.

Membuka tablet yang terkunci dengan reset fitur

Boleh dibilang ini cara terakhir, namun akan menghapus seluruh data sementara di RAM tablet atau ponsel. Jadi cara ini haus dijadikan cara yang terakhir, meskipun bila dibawa ke layanan servis bisa lebih aman, yaitu dengan melacak data lewat kabel data. Namun beberapa teknisi cukup segan melakukannya, biasanya mereka lebih suka melakukan reset tablet.

Pada tablet atau ponsel yang ada tombol keypad eksternal, bisa ditekan secara bersama tombol home-volume-power sampai android system recovery. Cara ini akan menghapus setting yang sudah ada sehingga bisa membuka gadget yang terkunci. Resikonya sih memang akan menghapus semua data di RAM, namun untuk data di slot memory beberapa yang mengalaminya aman-aman saja.

Cara lain bila tidak ada keypad home-nya, ya dengan menekan tombol power dan volume secara bersama sampai muncul menu android system recovery. Cara ini biasanya untuk android terkini yang tidak ada keypad fisik sama sekali. Biasanya dengan cara ini tidak diperlukan untuk membawanya ke servis, toh mereka juga melakukan cara ini.memang biasanya sangat mengecewakan pemakai ponsel atau tablet karena kehilangan beberapa data di RAM gadgetnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->