Mengatasi Ponsel Android yang Gak bisa Buat SMS-an

Memang ini sering terjadi, padahal fitur SMS ini sangat krusial dalam penggunaan ponsel. Bila ini terjadi biaya bertelepon bisa membengkak, kadang persoalannya memang simple. Namun bisa juga kerena kerusakan system android itu sendiri.

Pada banyak kasus, sering tidak bisa SMS karena memang memori ponsel android sudah penuh. Ini biasanya ditandai dengan peringatan pada OS android bahwa memori ponsel sudah hampir penuh. Biasanya dengan menghapus SMS yang tidak perlu atau menghapus dokumen di android yang tidak perlu akan menambah daya tampung SMS di ponsel.

Namun bisa juga karena kesalahan dalam setting pusat pesan SMS di ponsel. Ini terjadi saat keranjingan utak-atik setingan ponsel, gak tahunya merubah pusat pesan SmS yang sebenarnya sudah default atau tertulis sendiri di ponsel tersebut. Memang agak ribet bila tidak tahu nomor pusat pesan yang dituju.Meskipun bisa dengan browsing pusat pesan untuk satu operator akan diketemukan dengan mudah penyelesaiannya.

Namun bisa juga saat pusat pesan sudah betul, tapi ponsel tidak bisa SMS-an. Bisa jadi operator tersebut lagi gangguan, beberapa operator seluler memang rajin mengalami gangguan. Bahkan kadang sampai tiga hari gak bisa buat ngirim dan nerima SMS, baru hari berikutnya kembali normal. Biasanya sih ada persoalan di mesin SMS operator tersebut, atau sedang back-up data, sehingga layanan SMS terganggu.

Ini biasanya bisa diketahui dengan cepat bila ponsel memiliki dua kartu, bila kartu satunya bermasalah, sedang kartu yang lain bisa ngirim SMS. Maka ini sudah jelas operatornya lagi gangguan atau ngadat. Persoalan inipun bisa diselesaikan dengan cepat, atau bisa juga dengan merubah posisi kartu di antara kedua operator tersebut.

Namun bisa juga bila semuanya sudah oke, baik setingan pusat pesan, memori di kotak pesan juga masih besar. Tapi ponsel tidak bisa ngirim SMS, bahkan dengan ganti kartu juga mengalami hal yang sama. Ini biasanya berhubungan dengan adanya file system android yang corrupt atau rusak. Biasanya mengganggu penampungan di memori pesan atau kotak SMS.

Disitu akan terlihat memori ada tapi muncul alarm bahwa memori sudah penuh. Memang akan sedikit memusingkan mengingat begitu banyaknya jumlah file system di android. Biasanya akan sulit mendeteksi file system mana yang corrupt atau rusak, meskipun bisa saja dengan mengcopi dari system sejenis yang sehat.

Namun bila gak mau ribet memang dilakukan flash atau install ulang OS android, resikonya jelas semua data di ponsel akan hilang. Bisa saja dipindah semua data ke memori eksternal. Bila tidak memiliki memori eksternal bisa back-up ke perangkat computer atau laptop, tentunya dengan menggunakan kabel data atau lewat Bluetooth.

Biasanya dengan flash atau install ulang akan menyelesaikan persoalan gagal SMS dengan cepat. Memang ini jalan tercepat, meskipun tidak baik buat system, karena data dan aplikasi di ponsel akan hilang akibat flash atau install ulang. Memang ini resikonya bila file system corrupt, mak disini fungsinya root file system yang dilock atau dikunci, agar file system tidak mengalami kerusakan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->