Hati-hati dengan Refurbish Gadget Android

Saat ini sangat banyak merek gadget android yang beredar di pasaran, sehingga sering sulit membedakan mana yang baru dan mana yang refurbish. Padahal gadget refurbish lebih  rendah kualitasnya dari gadget baru, memang terlihat sama di bungkus maupun chasing. Namun beda di kualitas maupun pada kekuatan gadget, tak jarang gadget refurbish dijual seperti gadget baru.

Ini yang sering memberi keluhan saat membeli ponsel atau tablet android kok hanya bertahan seminggu bahkan hanya sehari. Lalu saat dipakai tiba-tiba lap, mati layarnya dan tidak bisa dihidupkan lagi. Tentunya gadget ini akan meluncur ke tempat servis sampai bisa dipakai kembali.

Kerugian yang didapat akibat rusaknya gadget ini tentunya sangat besar, sudah beli mahal-mahal eh gak bisa dipakai. Maka harus hati-hati dalam membeli gadget android yang bisa jadi refurbish yang dijual dam dos yang baru. Jelas ini akan menimbulkan maslah di kemudian hari. Meskipun bisa jadi gadget yang dibeli bisa awet dan tidak memberi masalah, tentunya akan berbeda kasusnya.

Waspadai gadget yang dijual murah

Meskipun akan sulit membedakan antara gadget yang baru dan refurbish, biasanya akan dikenali dengan harganya yang lebih murah dari harga pasaran. Meskipun ini bisa juga merupakan trik bisnis, namun hati-hati terhadap ponsel yang lagi ngetren kok harganya murah adalah cara utama dalam mendeteksi gadget refurbish. Memang gadget refurbish adalah gadget baru yang mengalami cacat produksi, harusnya sih gadget ini dihancurkan.

Namun beberapa manufaktur melakukan efisiensi dengan memperbaiki gadget ini, dan saat menjualnya akan mencantumkan label refurbish dengan harga lebih murah. Namun sering terjadi permainan di tingkat reseller untuk mengambil keuntungan dari gadget refurbish ini. Yaitu dengan menghilangkan tulisan refurbishnya,, sehingga barang bisa laku dengan keras.

Mengecek seri gadget yang dijual ke toko resmi

Memang akan ada banyak merek ponsel maupun tablet android yang dijual, namun di toko resmi akan ada keterangan lengkap akan kondisi gadget yang dijual. Beberapa toko online yang besar selalu mencantumkan kondisi produk mereka, apakah kondisinya baru atau refurbish. Ini bisa digunakan sebagai cara untuk mengecek kondisi gadget yang akan dibeli.

Meskipun bisa jadi reseller menghilangkan tulisan refurbish, namun di website toko besar biasanya akan mematuhi aturan penjualan produk. Mereka akan mencamtumkan seri nomor, merek gadget dan tertera refurbish pada label gadgetnya. Bila ditelusuri memang harganya jauh lebih murah dari harga sejenis yang baru. Jadi cek dulu gadget yang akan dibeli agar nyaman dipakai nantinya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->