Tips menggunakan Android

Gadget android memang semakin popular, kemudahan cara menggunakannya dan banyaknya aplikasi add-on membuat gadget android ini mudah digunakan. Apalagi versi android juga semakin bertambah, semakin ditambah fiturnya sehingga meningkatkan kapasitas gadget androidnya. Namun fitur dasar android akan tetap ada, hal ini sering terlewatkan padahal esensial bagi pengguna android, baik ponsel maupun pada tablet android.

Menampilkan power strip

Widget yang berisi indikator baterai, koneksi WIFI, Bluetooth, GPS, 3G koneksi adalah beberapa fitur yang bisa menguras baterai android. Bila ingin akses cepat ke fitur tersebut maka widget power strip ini perlu ditampilkan di menu utama, sehingga akan memudahkan dalam mematikan fitur yang banyak menghabiskan baterai. Tips ini boleh dibilang sangat bagus buat memanjangkan ketahanan baterai.

Untuk mendapatkan atau menampilkan widget ini cukup mudah, dengan mengistallnya di menu android. Tinggal tekan layar android, buka kategori widget dan pasang power strip widget. Maka akan muncul widget power strip di bagian atas menu android, bentuknya kecil namun mudah dalam mengefisienkan baterai android.

Menolak nomor yang tidak diinginkan

Memang agak terganggu dengan nomor ponsel yang tidak diinginkan masuk ke gadget android, baik itu pada ponsel maupun tablet memiliki fitur call screening yang bisa digunakan menolak nomor yang masuk. Selanjutnya bisa dialihkan ke voicemail dengan sebuah pesan atau tanpa pesan. Cara melakukannya dengan membuka contact listing, kemudian pilih menu, trus ke option, dan bisa dialihkan ke voicemail.

Membuat ringtone untuk nomor khusus

Bila ingin membedakan nomor yang masuk, maka bisa diset ringtone khusus untuk nomor tertentu. Caranya dengan membuka custom caller ringtones di contact list dan membuat ringtones tersendiri untuk nomor tersebut. Ini akan membedakan nomor yang dikenal dan yang tidak dikenal.

Menyalakan alarm waktu

Sering hanya untuk hemat pemakaian baterai maka banyak fitur bagus dimatikan. Padahal fitur seperti alarm waktu sangat berguna untuk mengingatkan adanya rencana di waktu tersebut. Jangan sampai terlalu ingin hemat baterai tapi fitur ini dimatikan.

Membuat folder atau shortcut

Ini adalah hal utama pada android yang memudahkan dalam menggunakan aplikasi yang sering dipakai. Ini bisa disatukan dalam folder atau membuat kumpulan shortcut dalam satu folder. Bila tidak terlalu banyak bisa langsung shortcut di menu utama. Caranya dengan membuka menu utama, tinggal pilih aplikasi yang bisa dibuat muncul di menu utama.

Mengubah nama folder atau shortcut

Bila ingin membuat nama special untuk folder atau shortcut yang baru dibikin, ini bisa dilakukan dengan menekan folder atau shortcut tersebut. Lalu ubah namanya dan tekan OK. Cara ini akan memudahkan dalam mengingat folder atau shortcut yang jadi favorit tersebut.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->