Upgrade OS di Gadget Android

Perkembangan OS android yang pesat memang memunculkan versi baru yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. Banyak pengguna android yang bisa melakukan upgrade ke OS android versi berikutnya. Ini tentunya bila spek gadget, baik itu ponsel maupun tablet memiliki spek yang dibutuhkan oleh OS versi yang baru.

Biasanya ada beberapa mode upgrade yang dimiliki oleh sebuah gadget android. Bisa upgrade total yang merupakan perubahan versi di digit pertama, juga bisa hanya upgrade sebagian yang merupakan perubahan versi di digit kedua. Ini tentunya juga berhubungan dengan spek gadget yang akan diupgrade. Semakin bagus spek gadget akan memiliki opsi upgrade yang terbuka lebar.

Biasanya opsi upgrade memang berhubungan dengan fitur gadget, bisa dari kemampuan prosessor, kapasitas RAM, dan kapasitas memory internal untuk menampung OS tersebut. Bila hal tersebut memenuhi kriteria OS yang baru maka upgrade akan terbuka lebar. Memang upgrade android ke versi di atasnya akan membuka fitur-fitur baru, dan kebanyakan akan meningkatkan performa gadget.

Pada OS android rilis baru memang cenderung untuk gadget rilis terbaru, memiliki kecepatan navigasi maupun kemampuan OS yang lebih cepat. Tidak hanya itu versi OS terbaru menawarkan aplikasi-aplikasi yang memang sangat berat. Ambil contoh aplikasi BBM di android yang hanya bisa digunakan oleh OS android versi 4, jadi bagi gadget android bila ingin aplikasi BBM tentunya harus upgrade OS dulu ke versi yang disyaratkan.

Cek opsi upgrade pada gadget

Bila ingin upgrade OS android ke versi berikutnya memang harus cek dulu apakah spek ponsel atau tablet bisa memenuhi spek yang dibutuhkan oleh OS tersebut. Salah satunya bisa dicek di web gadget tersebut, biasanya memang OS versi terbaru membutuhkan spek yang lebih baik bila dibandingkan spek pada OS lama. Bila spek gadget terpenuhi maka opsi upgrade akan terbuka.

Meskipun tidak semua opsi upgrade ini tersedia ke versi dengan yang benar-benar baru. Beberapa opsi upgrade memang hanya menawarkan upgrade sebagian, sehingga tidak banyak yang baru dari OS baru tersebut. Biasanya baru lebih banyak perubahan bila opsi upgradenya benar-benar total, ini bisa diharapkan perubahan pada performa gadget.

Upgrade OS android secara manual atau OTA

Cara paling mudah upgrade OS android adalah dengan membawa ke service center terdekat, tinggal duduk manis 15 menit OS android yang baru sudah terinstall. Namun bila ingin melakukan sendiri harus mendapatkan dulu OS androidnya. Kemudian harus memiliki kabel data untuk koneksi ke PC atau laptop. Memang tidak semua vendor menyertakan kabel data dalam paket gadgetnya.

Bila ini terjadi harus membeli sendiri kabel data yang dibutuhkan, tiap jenis gadget memiliki kabel data tesendiri. Namun biasanya vendor menyertakan program pendukung untuk upgrade OS seperti PC suite, yang menjadi program untuk koneksi PC ke gadget. Saat melakukan sendiri upgrade OS android biasanya lebih bisa memilih program atau aplikasi yang akan diikutkan dan OS tersebut.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->