Hape Layarnya Blank

Mungkin anda pernah mengalami hape anda layarnya ngeblank. Sudah pasti hape ngeblank tidak bisa dipakai. Karena tidak bisa melihat menu hape, yang ada hanya layar putih menyala.

Kerusakan pada hape yang ngeblank bisa banyak sebabnya. Ada yang karena terjatuh, ada yang karena terlalu sering dipakai. Ada pula yang karena ngeblank dengan sendirinya. Maka cara memperbaikinya memang harus dikirim ke teknisi hape.

Hal ini karena banyak hal teknis, dan tidak ada akses ke hape secara manual. Perlu langkah teknis untuk mengecek komponen yang rusak dalam hape, seperti kemungkinan adanya kerusakan di LCD, jalur LCD, flexible, atau komponen lainnya. Jadi hape perlu dibuka.

Namun pada beberapa kasus hape ngeblank terjadi karena hang. Yaitu ada persoalan di program hape atau OSnya. Jalan satu-satunya dilakukan flash atau reinstall OS. Namun pada beberapa kasus hape ngeblank, dengan melepas memori hape tersebut, maka hape kembali normal. Mungkin ada kerusakan di katu memori, seperti terkena virus, sehingga sistem stack atau hang.

Mengecek program hape.

Pada hape ngeblank memang terlihat seperti LCDnya yang rusak. Karena tidak ada gambar atau menu yang muncul, saat hape dinyalakan. Namun ada bunyi speaker, maupun keypad merespon program yang dinyalakan tadi.

Pada kasus seperti ini, bisa dicoba untuk melepas ascessories hape, seperti kartu memori dari slot hape. Bila hape merespon baik, berarti ada kerusakan atau virus di memori hape. Namun bila tidak merespon, maka flash hape menjadi pilihan berikutnya.

Bila setelah dilakukan flash, hape bisa kembali normal. Maka pada beberapa kasus karena hape mengalami out memori, atau memorinya penuh. Sehingga tidak bisa nyala saat loading alias hang. Maka biasakan untuk mengecek kapasitas memori hape, karena bila penuh bisa membuat hape hang atau ngeblank.

Biasanya sering terjadi saat tranfer data lewat bluetooth, atau bisa juga saat download data di internet. Data yang diterima lebih besar dari memori yang tersisa, sehingga sistem akan stack atau hang. Meskipun harusnya sistem akan memperingatkan bila memori hampir penuh. Pada beberapa hape fitur ini tidak ada, atau bisa saja hilang karena terkena virus. Sehingga auto proteknya tidak bekerja.

Mengecek komponen hape.

Bila diflash hape tetap blank, maka ada kerusakan di hardware hape. Dan kerusakannya bisa bermacam-macam. Bisa karena LCDnya, flexiblenya, jalurnya, sehingga perlu pengecekan komponen di hape, dan hape harus dibuka untuk mengeceknya.

Paling sering hape ngeblank karena flexiblenya rusak. Terutama pada hape tipe sliding, flexiblenya mudah rusak atau robek. Hal ini karena pergerakan bagian hape yang terlalu keras atau terlalu sering. Biasanya dengan mengganti flexible, persoalan akan selesai. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->