Mengirim Foto lewat Bluetooth


Teknologi smartphone atau hape berkembang pesat, seiring semakin banyak fitur yang dijejalkan didalamnya. Beberapa fitur smartphone mengadopsi fitur dari PC yaitu interkoneksi dengan teknologi bluetooth. Sehingga hape bisa digunakan untuk menampung atau memindahkan data ke hape lainnya, maupun ke sebuah perangkat komputer.

Kemampuan fitur bluetooth ini melewati kepopuleran fitur inframerah, yang sudah ditinggalkan penggunanya, karena keterbasan akses rate. Teknologi inframerah tidak berkembang dengan baik, tidak seperti teknologi bluetooth. Fitur bluetooth memiliki akses rate yang lebih tinggi dari inframerah. Sehingga kecepatan tranfer data menjadi lebih cepat.

Namun keunggulan bluetooth ini juga diikuti dengan kelemahan juga. Teknologi bluetooth diduga menjadi celah penyebaran virus antar hape, atau dari PC ke hape. Meskipun tidak semua hape bisa ditembus oleh virus, tapi beberapa sistem hape rentan tertular virus lewat tranfer data ini.

Tranfer foto lewat bluetooth.

Foto hasil bidikan dari kamera hape bisa dipindahkan ke hape lain, maupun ke perangkat komputer dengan menggunakan fitur bluetooth. Dan yang pasti media penerima tranfer foto ini harus memiliki fitur bluetooth terpasang. Misal bila ingin mengirim foto dari hape satu ke hape lainnya, maka kedua hape harus memiliki fitur bluetooth terpasang.

Pada hape penerima tranfer foto, fitur bluetoothnya harus dinyalakan terlebih dahulu.. Biasanya pada awal sebelum tranfer foto, hape pengirim akan mencari atau mendeteksi hape penerima tranfer. Kemudian dilakukan ‘pair” antara dua hape. Masing masing harus memberikan kode password yang sama, agar bisa “pair” diantara keduanya. Setelah “pair’ terjadi, maka data atau foto sudah bisa ditranfer.

Ada batas jarak yang harus dipenuhi agar kedua hape bisa saling mengirim foto atau data. Biasanya tidak lebih dari sepuluh meter, bila lebih biasanya akan terjadi gangguan dalam tranfer foto atau data. Namun hal ini kadang tergantung pada jenis atau kemampuan hape tersebut. Ada juga hape yang mampu mentranfer foto atau data dengan jarak lebih dari sepuluh meter. Tapi standart di bawah 10 meter adalah kepastian tranfer foto atau data yang akurat.

Memproteksi hape dari penyebaran virus lewat bluetooth.

Bila hape tiba-tiba hang atau mati saat tranfer foto lewat bluetooth, maka waspadai kemungkinan adanya virus yang masuk ke hape tersebut. Kadang penyebaran virus tidak terdeteksi, dan akan merusak hape dalam waktu yang tidak lama. Beberapa tipe virus yang sering menginfeksi hape, adalah jenis virus yang bisa mengirim SMS sendiri. Sehingga pulsa hape yang terinfeksi sampai habis.

Namun umumnya virus akan beraksi sendiri dan merusak sistem hape tersebut. Hape biasanya sering hang atau macet. Maka cara mengatasinya menjadi serius. Karena hape harus di instal ulang atau di”flash” agar sistem hape kembali normal.  
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->