Hape sebagai Modem


Hape memang bisa digunakan sebagai modem. Namun harus dilengkapi dulu dengan program agar hape bisa dikenal di komputer sebagai modem. Maka hape tersebut harus memiliki program yang dikenal dengan modem driver, agar bisa digunakan oleh perangkat komputer sebagai modem.

Persoalan kadang terletak pada ketersediaan modem driver dan kompabilitasnya dengan sistem di komputer. Sehingga tidak semua hape bisa digunakan sebagai modem. Hal tersebut bisa dicek di spek hape, tentang fitur hape sebagai modem dan driver yang dibutuhkan. Biasanya tersedia di vendor site.

Persoalan lain dalam menggunakan hape sebagai modem, adalah besarnya akses jaringan pada hape tersebut. Pada hape yang memiliki fitur 3G atau EVDO, biasanya tidak memiliki masalah pada akses jaringannya. Hanya pada hape yang tidak memiliki fitur tersebut, biasanya memiliki kesulitan saat akses ke jaringan. Persoalan terletak pada akses yang kecil atau lambat, sehingga tidak mencukupi untuk menampilkan halaman web di komputer.

Namun menggunakan hape sebagai modem, bisa meningkatkan efektifitas biaya internet. Karena bisa digabung dengan akses internet dari hape. Sehingga memiliki dua fungsi dalam satu kartu.

Koneksi dengan kabel data lebih efektif.

Hal ini karena saat hape digunakan sebagai modem, maka hape akan menggunakan daya seperti saat berkomunikasi. Dan jelas membuat baterai cepat habis, maka dengan kabel data akan berfungsi juga sebagai charger pada hape. Tidak seperti bila menggunakan bluetooth maupun inframerah, akan tergantung pada charger eksternalnya.

Penggunaan kabel data juga memiliki akses rate yang lebih tinggi dibandingkan bila menggunakan bluetooth atau inframerah. Meskipun akses rate juga tergantung pada akses jaringan pada hape tersebut. Bila sinyal dan jaringannya bagus, maka akses internetnya akan lebih baik.

Memang koneksi dengan bluetooth atau inframerah menawarkan akses wireless yang lebih ringkas. Namun kendalanya pada akses rate yang rendah. Meskipun ada penemuan bluetooth terbaru, tapi teknologi bluetooth hape belum berkembang.

Baterai hape rentan rusak.

Memang kelemahan dalam menggunakan hape sebagai modem adalah kerusakan pada baterai hape. Biasanya baterai hape akan terasa panas, dan menjadi rusak bila panasnya terjadi terus menerus. Hal ini karena kebutuhan daya pada hape menjadi lebih besar dan lebih lama. Sehingga cepat membuat baterai menjadi aus.

Memang hape sebenarnya bukan untuk modem dalam jangka lama. Karena sifat korosifnya terhadap baterai tersebut. Namun bisa disiasati, saat baterai mulai panas, maka akses internet bisa dihentikan. Dan dilanjutkan bila baterai sudah cukup dingin. Ini untuk menjaga ketahanan baterai. Karena pada baterai yang panas, cellnya akan memuai dan baterai menjadi membengkak atau rusak.

Namun tetap saja koneksi internet dengan menggunakan hape lebih efektif. Biaya internet bisa lebih efisien, bisa untuk hape dan bisa untuk modem. Hanya perlu perawatan baterai hape, agar tidak cepat rusak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Selullar - All Rights Reserved
-->